Sabtu, 08 Juni 2019

INSTRUMEN PENILAIAN PERSIAPAN PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING


INSTRUMEN PENILAIAN
PERSIAPAN PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING


Nama Sekolah            : ……………………………………………………….  Tahun Pelajaran            :  …………………………….
Nama Konselor         : ……………………………………………………….  Kelas/ Semester            :  …………………………….
NUPTK                        : ……………………………………………………….  Sertifikasi           :  …………………………….
Jml. Kls. Bimbingan   : ……………………………………………………….  Tgl Supervisi      :  …………………………….



No.
Komponen Administrasi Bimbingan dan Konseling
Kondisi
Skor Perolehan
Keterangan
Ada
Tidak
4
3
2
1
0

1.

PERSIAPAN

             1.      NEEDSASESSMEN

a.       DCM
b.       SOSIOMETRI
c.       ATP/ITP
d.       ANGKET/ INVENTORI
e.       TES PSIKOLOGIS

 








4=Baik Sekali
3=Baik
2=Cukup
1=Kurang

2.       SEBARAN KEBUTUHAN SISWA










3.       KONSULTASI










4.       PROGRAM TAHUNAN










5.       PROGRAM SEMESTERAN









6.      PROGRAM LAYANAN SEMESTERAN









2.

PELAKSANAAN

23. LAYANAN KONSELING PERORANGAN/ INDIVIDU (STATUS KONSELING)









24.   LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK (SATUAN LAYANAN)









25. LAYANAN  KONSELING KELOMPOK (SATUAN LAYANAN)









26. LAYANAN KONSULTASI (BUKU MASALAH, BUKU KASUS)









27. LAYANAN ORIENTASI (AGENDA HARIAN)









28. LAYANAN INFORMASI (AGENDA HARIAN)









29. LAYANAN PEMINATAN, PENEMPATAN DAN PENYALURAN (INVENTARIS DATA, AGENDA HARIAN, AGENDA/ CATATAN/ LAPORAN MINGGUAN, HASIL ASESSMEN DAN ANALISIS PEMINATAN/ PENEMPATAN)









8.      LAYANAN PEMBELAJARAN/ PENGUASAAN KONTEN (INVENTARIS DATA, AGENDA HARIAN, AGENDA/ CATATAN/ LAPORAN MINGGUAN, HASIL ASESSMEN DAN ANALISIS PEMINATAN/ PENEMPATAN)









9.      LAYANAN MEDIASI (SATUAN LAYANAN, CATATAN/ AGENDA HARIAN, BUKU KASUS)









10. APLIKASI INSTRUMENTASI (DATA HASIL TES DAN NON TES; DCM, SOSIOMETRI/ SOSIOGRAM, ATP, DLL)









11. HIMPUNAN DATA (BUKU PRIBADI/ SIM BK, SOFTWARE PEMINATAN, DLL)









12. KONFERENSI KASUS (NOTULIS, AGENDA HARIAN/ MINGGUAN, BUKU MASALAH/ KASUS)









13. KUNJUNGAN RUMAH/ HOME VISIT (SURAT TUGAS DAN LAPORAN HOME VISIT)









14. ALIH TANGAN KASUS/ REFERAL (SURAT RUJUKAN)









15. TAMPILAN KEPUSTAKAAN (TAMPILAN PERPUSTAKAAN MINI/ INFO PERGURUAN TINGGI, DUNIA KERJA, DLL)









16. MEDIA BIMBINGAN (KOTAK MASALAH, SIM BK, SMS/ ICT KONSELING, PAPAN PENGUMUMAN, LEFTLET)









17. ADMINISTRASI BK

a.    STRUKTUR ORGANIGRAM
b.     KALENDER PENDIDIKAN
c.    MEKANISME PENANGANAN SISISWA
d.    AGENDA KEGIATAN HARIAN
e.    KEGIATAN MINGGUAN (AGENDA KEGIATAN MINGGUAN, LAPORAN KEGIATAN MINGGUAN)
f.     REKAP LAPORAN KEGIATAN BULANAN
g.    KEHADIRAN SISWA  ( REKAP DAFTAR HADIR, DAFTAR SISWA TERLAMBAT)
h.    DAFTAR/ BUKU KOMUNIKASI
i.      STUDI LANJUT SISWA (PILIHAN SISWA , SISWA YANG DITERIMA DI PERGURUAN TINGGI)
j.      PANGGILAN ORANG TUA








3.

EVALUASI

1.      LAPORAN BULANAN

2.      EVALUASI PROGRAM









4.
TINDAKLANJUT/ FOLLOW UP








Jumlah skor perolehan






Jumlah skor seluruhnya

Text Box: NILAI AKHIR

…………………
Keterangan    : Nilai Akhir :Skor perolehan x 100 %
                                                Skor maksimal (100)

Ketercapaian :  86 % - 100 %          =          A (Amat Baik)
                            70 % - 85 %           =          B (Baik)
                            55 % - 69 %           =          C (Cukup)
                                    ≤ 55 %      =     D (Kurang)
Tindak Lanjut :
                                                                                                            Bandarlampung, ………………………
Mengetahui,                                        Petugas Supervisi,                   Konselor,
Kepala Sekolah,



……………………                            ……………………                …………………………
NIP.                                                    NIP.                                        NIP.
















Text Box: PENJELASAN
INSTRUMEN PENILAIAN
PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL


Nama Sekolah            : ……………………………………………………….  Tahun Pelajaran            :  …………………………….
Nama Konselor         : ……………………………………………………….  Kelas/ Semester            :  …………………………….
NUPTK                        : ……………………………………………………….  Sertifikasi           :  …………………………….
Jml. Kls. Bimbingan   : ……………………………………………………….  Tgl Supervisi      :  …………………………….
Kehadiran di Sekolah: ……………………………  %  Kehadiran Tatap muka Klasikal:  ………………………… %
Tugas Perkembangan: ………………………………………………………………………………………………………………….
Tema/ Isu/ Masalah : …………………………………………………………………………………………………………………..


No.
Komponen Administrasi Bimbingan dan Konseling
Kondisi
Skor Perolehan
Keterangan
Ada
Tidak
4
3
2
1
0


1.

PERSIAPAN

             1.      NEEDSASESSMEN ( Berupa instrument needasesmen bisa dengan tes, non-tes, inventory maupun format yang dapat mengungkap kebutuhan siswa)

a.       DCM (inventory pengungkapan masalah, sumber awal mooney problem checklist)
b.       SOSIOMETRI (sosiomentri biasanya di gabung dengan sosiogram, untuk mengukur kedekatan social/ dinamika kelompok)
c.       ATP/ITP(berupa inventory yang mengungkap ketercapaian/ masalah yang di temui dalam tugas perkembangan individu)
d.       ANGKET/ INVENTORI (alat bantu berupa daftar pertanyaan atau pernyataan yang di khususkan untuk mengungkap atau mendapatkan data yang diperlukan)
e.       TES PSIKOLOGIS (tes khusus yang di buat oleh ahli yang sudah valid dan reliable. Tes ini digunakan sesuai data yang akan diungkap. Pelaksanaanya harus dibawah tanggung jawab ahli yang di buktikan dengan izin praktik secara akademik)

 








4=Baik Sekali
3=Baik
2=Cukup
1=Kurang



Penghitungan skor dengan adanya bukti seminim apapun dalam needasesmen dilaksanakan maka sudah bisa di akui.
Penilaian a sampai e,  dinilai sesuai yang dikerjakan dan bila sudah di kerjakan salah satu sudah bisa dihitung. Cara menghitungnya :
Skor poin yang dikerjakan/ ada bukti fisiknya di jumlahkan dan di bagi unsure yang di kerjakan; missal unsure d dapat skor 4, unsure e dapat skor 3, maka 4+3 = 7 di bagi 2 = 3,5 pembulatan 4.

UNSUR 2
Makin lengkap bidang yang di peroleh dari hasil needasesmen maka skor makin tinggi. Bidang Pribadi, Sosial, Belajar dan Karir)

UNSUR 3
Makin banyak siswa yang konsultasi makin tinggi skornya; seminggu : <3=skor 1, 4 -6=skor 2, 7 -9 = skor 3, 10< = skor  4.

UNSUR 4,5
Makin lengkap program yang ada mencakup:  4 komponen program (Layanan Dasar,
Perencanaan Individual, Layanan Responsif dan dukjungan Sistem), 4 bidang (Pribadi, Sosial, Belajar dan Karir), Yang di uraikan dari persiapan, Pelaksanaan, Evaluasi dan follow up/ Tindak Lanjut.

UNSUR 6
Mencakup layanan yang di kerjalan tiap minggu sesuai hari efektif  selama satu semester. Disini tertuang bentuk/ bidang dan layanan .

BAGIAN 2, UNSUR 1,2,3,4
Penghitungan skor dengan adanya bukti seminim apapun dalam layanan yang dilaksanakan maka sudah bisa di akui.
Tidak setiap unsur akan dilaksanakan oleh guru bk, sesuai masalah/ kasus yang di temui.
Penilaian unsur 1 sampai 4,  dinilai sesuai yang dikerjakan dan bila sudah di kerjakan salah satu sudah bisa dihitung. Cara menghitungnya :
Skor unsur yang dikerjakan/ ada bukti fisiknya di jumlahkan dan di bagi unsure yang di kerjakan; misal unsur 1 dapat skor 4, unsure 3 dapat skor 2, maka 4+2 = 6 di bagi 2 = 3.

Penilaian unsure 5 sampai dengan 8,
Rutin dilaksanakan minimal dalam bentuk klasikal masuk kelas sebagai layanan pendampingan peminatan.



















Un sur 9 ini dilaksanakan sesuai dengan kejadian yang terjadi. Ketuntasan dalam memediasi menjadikan tolok ukur. Makin baik penyelesaiannya makin mendekati skor 4.


Unsur 10 dan 11 saling melengkapi ada salah satu unsure sudah mendapat skor yang diwakili masing masing bukti fisik. Cara menghitungnya dengan menjumlahkan kedua skor di bagi dua)


Penilaian UNSUR 12 minimal mengagendakan kegiatan hari efektif dengan skor 4

Unsur 13 dan 14,
Penilaian diakui bila dilaksanakan dengan surat tugas dan bukti laporan


Unsur 15 dinilai dengan keberadaan dan kelengkapan media yang di sajikan/ isi minimal 3 buku tentang BK

Unsur 16 dinilai dengan keberadaan dan kelengkapan media yang di buktikan dengan keaktifan penggunaannya dari salah satu media.

Unsur 17 di nilai dengan kelengkapan dan aktifitas yang di tunjukkan/ di tampilkan


2.       SEBARAN KEBUTUHAN SISWA (sejumlah kebutuhan yang diperoleh dari siswa yang diperoleh dari hasil needsasesmen baik tes maupun non-tes)

 














3.      KONSULTASI (kegiatan yang mungkin dilaksanakan(tidak selalu) tatap muka antara guru bk/ konselor dengan siswa/ konseli yang di buktikan dengan bukti fisik berupa status konseling)















4.       PROGRAM TAHUNAN (rencana kegiatan yang di buat secara global dalam rentang satu tahun)














5.       PROGRAM SEMESTERAN (rencana kegiatan yang diturunkan dari program tahunan, yang dikembangkan untuk waktu enam bulan)


















6.      PROGRAM LAYANAN SEMESTERAN (rencana kegiatan berupa pemberian layanan bim bingan dan konseling; individual, kelompok, klasikal maupun lintas kelas, yang dikembangkan untuk waktu enam bulan)













2.

PELAKSANAAN

1.    LAYANAN KONSELING PERORANGAN/ INDIVIDU (pemberian layanan bimbingan dan konseling per-orangan atau individu dengan bukti fisik berupa STATUS KONSELING)










2.   LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK (pemberian layanan bimbingan dengan/ berkelompok biasanya terdiri 5 – 10 orang, dengan bukti fisik berupa SATUAN LAYANAN)







>4x



3x



2x



1x





3.    LAYANAN  KONSELING KELOMPOK (pemberian layanan konseling dengan/ berkelompok biasanya terdiri 5 – 10 orang, dengan bukti fisik berupa SATUAN LAYANAN)







>4x



3x



2x



1x





4.    LAYANAN KONSULTASI (kegiatan layanan bimbinga dan konseling yang dilakukan dengan masalah/ kasus umum dengan bukti fisik BUKU

MASALAH, BUKU KASUS)






>4x



3x



2x



1x





5.   LAYANAN ORIENTASI (kegiatan layanan bimbinga dan konseling yang dilakukan untuk membantu siswa ber-adaptasi dengan lingungan atau kondisi yang baru yang akan dihadapinya dengan bukti fisik AGENDA HARIAN)




>4x



3x



2x



1x





6.   LAYANAN INFORMASI (AGENDA HARIAN)






>4x

3x

2x



1x





7.   LAYANAN PEMINATAN, PENEMPATAN DAN PENYALURAN (INVENTARIS DATA, AGENDA HARIAN, AGENDA/ CATATAN/ LAPORAN MINGGUAN, HASIL ASESSMEN DAN ANALISIS PEMINATAN/ PENEMPATAN, satuan layanan/RPL)




>4x

3x

2x



1x





8.      LAYANAN PEMBELAJARAN/ PENGUASAAN KONTEN (INVENTARIS DATA, AGENDA HARIAN, AGENDA/ CATATAN/ LAPORAN MINGGUAN, HASIL ASESSMEN DAN ANALISIS PEMINATAN/ PENEMPATAN)









9.      LAYANAN MEDIASI (SATUAN LAYANAN, CATATAN/ AGENDA HARIAN, BUKU KASUS)



















10. APLIKASI INSTRUMENTASI (DATA HASIL TES DAN NON TES; DCM, SOSIOMETRI/ SOSIOGRAM, ATP, DLL)













11. HIMPUNAN DATA (BUKU PRIBADI/ SIM BK, SOFTWARE PEMINATAN, DLL)














12. KONFERENSI KASUS (NOTULIS, AGENDA HARIAN/ MINGGUAN, BUKU MASALAH/ KASUS)













13. KUNJUNGAN RUMAH/ HOME VISIT (SURAT TUGAS DAN LAPORAN HOME VISIT)










14. ALIH TANGAN KASUS/ REFERAL (SURAT RUJUKAN)










15. TAMPILAN KEPUSTAKAAN (TAMPILAN PERPUSTAKAAN MINI/ INFO PERGURUAN TINGGI, DUNIA KERJA, DLL)













16. MEDIA BIMBINGAN (KOTAK MASALAH, SIM BK, SMS/ ICT KONSELING, PAPAN PENGUMUMAN, LEFTLET)
















17. ADMINISTRASI BK

a.    STRUKTUR ORGANIGRAM (struktur untuk mengetahui posisi dan kewenangan dalam melaksanakan bimbingan dan konseling)
b.    KALENDER PENDIDIKAN (rujukan untuk mengetahui hari efektif dalam kegiatan PBM untuk pelaksanaan BK)
c.    AGENDA KEGIATAN HARIAN
d.    KEGIATAN MINGGUAN (AGENDA KEGIATAN MINGGUAN, LAPORAN KEGIATAN MINGGUAN)
e.    REKAP LAPORAN KEGIATAN BULANAN
f.     KEHADIRAN SISWA  ( REKAP DAFTAR HADIR, DAFTAR SISWA TERLAMBAT)
g.    DAFTAR/ BUKU KOMUNIKASI
h.    STUDI LANJUT SISWA (PILIHAN SISWA , SISWA YANG DITERIMA DI PERGURUAN TINGGI)
i.      PANGGILAN ORANG TUA








3.

EVALUASI

1.      LAPORAN BULANAN

2.      EVALUASI PROGRAM








BAGIAN 3
Unsur 1 dan 2 dibuktikan dengan laporan dan evaluasi yang di buat

4.
TINDAKLANJUT/ FOLLOW UP










BAGIAN 4
Unsur ini dibuktikan dengan tindak lanjut  yang di buat

Jumlah skor perolehan







Jumlah skor seluruhnya

Text Box: NILAI AKHIR

…………………
Keterangan    : Nilai Akhir :Skor perolehan x 100 %
                                                Skor maksimal (100)

Ketercapaian :  86 % - 100 %          =          A (Amat Baik)
                            70 % - 85 %           =          B (Baik)
                            55 % - 69 %           =          C (Cukup)
                                    ≤ 55 %      =     D (Kurang)
Tindak Lanjut :
                                                                                                            Bandarlampung, ………………………
Mengetahui,                                        Petugas Supervisi,                   Konselor,
Kepala Sekolah,

……………………                            ……………………                …………………………
NIP.                                                    NIP.                                        NIP.

untuk tampilan file secara sempurna dapat di unduh melalui link berikut UNDUH INSTRUMEN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar diharapkan bersifat membangun dalam rangka pengembangan keilmuan Bimbingan dan Konseling. Kami sampaikan terima kasih