INSTRUMEN PENILAIAN
PERSIAPAN PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
Nama Sekolah : ……………………………………………………….
Tahun Pelajaran : …………………………….
Nama Konselor : ……………………………………………………….
Kelas/ Semester : …………………………….
NUPTK :
………………………………………………………. Sertifikasi :
…………………………….
Jml. Kls. Bimbingan : ……………………………………………………….
Tgl Supervisi : …………………………….
No.
|
Komponen Administrasi Bimbingan dan Konseling
|
Kondisi
|
Skor Perolehan
|
Keterangan
|
||||||
Ada
|
Tidak
|
4
|
3
|
2
|
1
|
0
|
||||
1.
|
PERSIAPAN
1.
NEEDSASESSMEN
a.
DCM
b.
SOSIOMETRI
c.
ATP/ITP
d.
ANGKET/
INVENTORI
e.
TES
PSIKOLOGIS
|
4=Baik Sekali
3=Baik
2=Cukup
1=Kurang
|
||||||||
2.
SEBARAN KEBUTUHAN SISWA
|
||||||||||
3.
KONSULTASI
|
||||||||||
4.
PROGRAM TAHUNAN
|
||||||||||
5. PROGRAM SEMESTERAN
|
||||||||||
6.
PROGRAM
LAYANAN SEMESTERAN
|
||||||||||
2.
|
PELAKSANAAN
23.
LAYANAN
KONSELING PERORANGAN/ INDIVIDU (STATUS KONSELING)
|
|||||||||
24.
LAYANAN
BIMBINGAN KELOMPOK (SATUAN LAYANAN)
|
||||||||||
25.
LAYANAN KONSELING KELOMPOK (SATUAN LAYANAN)
|
||||||||||
26.
LAYANAN
KONSULTASI (BUKU MASALAH, BUKU KASUS)
|
||||||||||
27.
LAYANAN
ORIENTASI (AGENDA HARIAN)
|
||||||||||
28.
LAYANAN
INFORMASI (AGENDA HARIAN)
|
||||||||||
29.
LAYANAN
PEMINATAN, PENEMPATAN DAN PENYALURAN (INVENTARIS DATA, AGENDA HARIAN, AGENDA/
CATATAN/ LAPORAN MINGGUAN, HASIL ASESSMEN DAN ANALISIS PEMINATAN/ PENEMPATAN)
|
||||||||||
8.
LAYANAN
PEMBELAJARAN/ PENGUASAAN KONTEN (INVENTARIS DATA, AGENDA HARIAN, AGENDA/
CATATAN/ LAPORAN MINGGUAN, HASIL ASESSMEN DAN ANALISIS PEMINATAN/ PENEMPATAN)
|
||||||||||
9.
LAYANAN
MEDIASI (SATUAN LAYANAN, CATATAN/ AGENDA HARIAN, BUKU KASUS)
|
||||||||||
10.
APLIKASI
INSTRUMENTASI (DATA HASIL TES DAN NON TES; DCM, SOSIOMETRI/ SOSIOGRAM, ATP,
DLL)
|
||||||||||
11.
HIMPUNAN
DATA (BUKU PRIBADI/ SIM BK, SOFTWARE PEMINATAN, DLL)
|
||||||||||
12.
KONFERENSI
KASUS (NOTULIS, AGENDA HARIAN/ MINGGUAN, BUKU MASALAH/ KASUS)
|
||||||||||
13.
KUNJUNGAN
RUMAH/ HOME VISIT (SURAT TUGAS DAN LAPORAN HOME VISIT)
|
||||||||||
14.
ALIH
TANGAN KASUS/ REFERAL (SURAT RUJUKAN)
|
||||||||||
15.
TAMPILAN
KEPUSTAKAAN (TAMPILAN PERPUSTAKAAN MINI/ INFO PERGURUAN TINGGI, DUNIA KERJA,
DLL)
|
||||||||||
16.
MEDIA
BIMBINGAN (KOTAK MASALAH, SIM BK, SMS/ ICT KONSELING, PAPAN PENGUMUMAN,
LEFTLET)
|
||||||||||
17.
ADMINISTRASI
BK
a.
STRUKTUR
ORGANIGRAM
b.
KALENDER PENDIDIKAN
c.
MEKANISME
PENANGANAN SISISWA
d.
AGENDA
KEGIATAN HARIAN
e.
KEGIATAN
MINGGUAN (AGENDA KEGIATAN MINGGUAN, LAPORAN KEGIATAN MINGGUAN)
f.
REKAP
LAPORAN KEGIATAN BULANAN
g.
KEHADIRAN
SISWA ( REKAP DAFTAR HADIR, DAFTAR
SISWA TERLAMBAT)
h.
DAFTAR/
BUKU KOMUNIKASI
i.
STUDI
LANJUT SISWA (PILIHAN SISWA , SISWA YANG DITERIMA DI PERGURUAN TINGGI)
j.
PANGGILAN
ORANG TUA
|
||||||||||
3.
|
EVALUASI
1.
LAPORAN
BULANAN
2.
EVALUASI
PROGRAM
|
|||||||||
4.
|
TINDAKLANJUT/ FOLLOW UP
|
|||||||||
Jumlah skor perolehan
|
||||||||||
Jumlah skor seluruhnya
|
||||||||||
Skor maksimal (100)
Ketercapaian : 86 % -
100 % = A (Amat Baik)
70
% - 85 % = B (Baik)
55
% - 69 % = C (Cukup)
≤ 55 % = D
(Kurang)
Tindak Lanjut :
Bandarlampung,
………………………
Mengetahui, Petugas
Supervisi, Konselor,
Kepala Sekolah,
…………………… …………………… …………………………
NIP. NIP. NIP.
INSTRUMEN PENILAIAN
PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN
KLASIKAL
Nama Sekolah : ………………………………………………………. Tahun Pelajaran : …………………………….
Nama Konselor : ………………………………………………………. Kelas/ Semester : …………………………….
NUPTK :
………………………………………………………. Sertifikasi :
…………………………….
Jml. Kls. Bimbingan : ………………………………………………………. Tgl Supervisi : …………………………….
Kehadiran di Sekolah:
…………………………… % Kehadiran Tatap muka Klasikal: ………………………… %
Tugas Perkembangan:
………………………………………………………………………………………………………………….
Tema/ Isu/ Masalah : …………………………………………………………………………………………………………………..
No.
|
Komponen Administrasi Bimbingan dan Konseling
|
Kondisi
|
Skor Perolehan
|
Keterangan
|
|||||||||||
Ada
|
Tidak
|
4
|
3
|
2
|
1
|
0
|
|||||||||
1.
|
PERSIAPAN
1.
NEEDSASESSMEN ( Berupa
instrument needasesmen bisa dengan tes, non-tes, inventory maupun format yang
dapat mengungkap kebutuhan siswa)
a.
DCM
(inventory pengungkapan masalah, sumber awal mooney problem checklist)
b.
SOSIOMETRI
(sosiomentri biasanya di gabung dengan sosiogram, untuk mengukur kedekatan
social/ dinamika kelompok)
c.
ATP/ITP(berupa
inventory yang mengungkap ketercapaian/ masalah yang di temui dalam tugas
perkembangan individu)
d.
ANGKET/
INVENTORI (alat bantu berupa daftar pertanyaan atau pernyataan yang di
khususkan untuk mengungkap atau mendapatkan data yang diperlukan)
e.
TES
PSIKOLOGIS (tes khusus yang di buat oleh ahli yang sudah valid dan reliable.
Tes ini digunakan sesuai data yang akan diungkap. Pelaksanaanya harus dibawah
tanggung jawab ahli yang di buktikan dengan izin praktik secara akademik)
|
4=Baik Sekali
3=Baik
2=Cukup
1=Kurang
Penghitungan skor
dengan adanya bukti seminim apapun dalam needasesmen dilaksanakan maka sudah
bisa di akui.
Penilaian a sampai
e, dinilai sesuai yang dikerjakan dan
bila sudah di kerjakan salah satu sudah bisa dihitung. Cara menghitungnya :
Skor poin yang
dikerjakan/ ada bukti fisiknya di jumlahkan dan di bagi unsure yang di
kerjakan; missal unsure d dapat skor 4, unsure e dapat skor 3, maka 4+3 = 7
di bagi 2 = 3,5 pembulatan 4.
UNSUR 2
Makin lengkap bidang
yang di peroleh dari hasil needasesmen maka skor makin tinggi. Bidang
Pribadi, Sosial, Belajar dan Karir)
UNSUR 3
Makin banyak siswa
yang konsultasi makin tinggi skornya; seminggu : <3=skor 1, 4 -6=skor 2, 7
-9 = skor 3, 10< = skor 4.
UNSUR 4,5
Makin lengkap program
yang ada mencakup: 4 komponen program
(Layanan Dasar,
Perencanaan Individual,
Layanan Responsif dan dukjungan Sistem), 4 bidang (Pribadi, Sosial, Belajar
dan Karir), Yang di uraikan dari persiapan, Pelaksanaan, Evaluasi dan follow
up/ Tindak Lanjut.
UNSUR 6
Mencakup layanan yang
di kerjalan tiap minggu sesuai hari efektif
selama satu semester. Disini tertuang bentuk/ bidang dan layanan .
BAGIAN 2, UNSUR
1,2,3,4
Penghitungan skor
dengan adanya bukti seminim apapun dalam layanan yang dilaksanakan maka sudah
bisa di akui.
Tidak setiap unsur
akan dilaksanakan oleh guru bk, sesuai masalah/ kasus yang di temui.
Penilaian unsur 1
sampai 4, dinilai sesuai yang
dikerjakan dan bila sudah di kerjakan salah satu sudah bisa dihitung. Cara
menghitungnya :
Skor unsur yang
dikerjakan/ ada bukti fisiknya di jumlahkan dan di bagi unsure yang di kerjakan;
misal unsur 1 dapat skor 4, unsure 3 dapat skor 2, maka 4+2 = 6 di bagi 2 =
3.
Penilaian unsure 5
sampai dengan 8,
Rutin dilaksanakan
minimal dalam bentuk klasikal masuk kelas sebagai layanan pendampingan
peminatan.
Un sur 9 ini
dilaksanakan sesuai dengan kejadian yang terjadi. Ketuntasan dalam memediasi
menjadikan tolok ukur. Makin baik penyelesaiannya makin mendekati skor 4.
Unsur 10 dan 11
saling melengkapi ada salah satu unsure sudah mendapat skor yang diwakili
masing masing bukti fisik. Cara menghitungnya dengan menjumlahkan kedua skor
di bagi dua)
Penilaian UNSUR 12 minimal
mengagendakan kegiatan hari efektif dengan skor 4
Unsur 13 dan 14,
Penilaian diakui bila
dilaksanakan dengan surat tugas dan bukti laporan
Unsur 15 dinilai
dengan keberadaan dan kelengkapan media yang di sajikan/ isi minimal 3 buku
tentang BK
Unsur 16 dinilai
dengan keberadaan dan kelengkapan media yang di buktikan dengan keaktifan
penggunaannya dari salah satu media.
Unsur 17 di nilai
dengan kelengkapan dan aktifitas yang di tunjukkan/ di tampilkan
|
|||||||||||||
2.
SEBARAN KEBUTUHAN SISWA (sejumlah kebutuhan yang
diperoleh dari siswa yang diperoleh dari hasil needsasesmen baik tes maupun
non-tes)
|
|||||||||||||||
3.
KONSULTASI (kegiatan yang
mungkin dilaksanakan(tidak selalu) tatap muka antara guru bk/ konselor dengan
siswa/ konseli yang di buktikan dengan bukti fisik berupa status konseling)
|
|||||||||||||||
4.
PROGRAM TAHUNAN (rencana
kegiatan yang di buat secara global dalam rentang satu tahun)
|
|||||||||||||||
5. PROGRAM SEMESTERAN (rencana kegiatan yang diturunkan dari program
tahunan, yang dikembangkan untuk waktu enam bulan)
|
|||||||||||||||
6.
PROGRAM
LAYANAN SEMESTERAN (rencana kegiatan berupa pemberian layanan bim bingan dan
konseling; individual, kelompok, klasikal maupun lintas kelas, yang
dikembangkan untuk waktu enam bulan)
|
|||||||||||||||
2.
|
PELAKSANAAN
1.
LAYANAN
KONSELING PERORANGAN/ INDIVIDU (pemberian layanan bimbingan
dan konseling per-orangan atau individu dengan bukti fisik berupa STATUS
KONSELING)
|
||||||||||||||
2.
LAYANAN
BIMBINGAN KELOMPOK (pemberian layanan bimbingan dengan/ berkelompok biasanya
terdiri 5 – 10 orang, dengan bukti fisik berupa SATUAN LAYANAN)
|
>4x
|
3x
|
2x
|
1x
|
|||||||||||
3.
LAYANAN KONSELING KELOMPOK (pemberian
layanan konseling dengan/ berkelompok biasanya terdiri 5 – 10 orang, dengan
bukti fisik berupa SATUAN LAYANAN)
|
>4x
|
3x
|
2x
|
1x
|
|||||||||||
4.
LAYANAN
KONSULTASI (kegiatan layanan bimbinga dan konseling yang
dilakukan dengan masalah/ kasus umum dengan bukti fisik BUKU
MASALAH,
BUKU KASUS)
|
>4x
|
3x
|
2x
|
1x
|
|||||||||||
5.
LAYANAN
ORIENTASI (kegiatan layanan bimbinga dan konseling yang
dilakukan untuk membantu siswa ber-adaptasi dengan lingungan atau kondisi
yang baru yang akan dihadapinya dengan bukti fisik AGENDA HARIAN)
|
>4x
|
3x
|
2x
|
1x
|
|||||||||||
6.
LAYANAN
INFORMASI (AGENDA HARIAN)
|
>4x
|
3x
|
2x
|
1x
|
|||||||||||
7.
LAYANAN
PEMINATAN, PENEMPATAN DAN PENYALURAN (INVENTARIS DATA, AGENDA HARIAN, AGENDA/
CATATAN/ LAPORAN MINGGUAN, HASIL ASESSMEN DAN ANALISIS PEMINATAN/ PENEMPATAN,
satuan layanan/RPL)
|
>4x
|
3x
|
2x
|
1x
|
|||||||||||
8.
LAYANAN
PEMBELAJARAN/ PENGUASAAN KONTEN (INVENTARIS DATA, AGENDA HARIAN, AGENDA/
CATATAN/ LAPORAN MINGGUAN, HASIL ASESSMEN DAN ANALISIS PEMINATAN/ PENEMPATAN)
|
|||||||||||||||
9.
LAYANAN
MEDIASI (SATUAN LAYANAN, CATATAN/ AGENDA HARIAN, BUKU KASUS)
|
|||||||||||||||
10.
APLIKASI
INSTRUMENTASI (DATA HASIL TES DAN NON TES; DCM, SOSIOMETRI/ SOSIOGRAM, ATP,
DLL)
|
|||||||||||||||
11.
HIMPUNAN
DATA (BUKU PRIBADI/ SIM BK, SOFTWARE PEMINATAN, DLL)
|
|||||||||||||||
12.
KONFERENSI
KASUS (NOTULIS, AGENDA HARIAN/ MINGGUAN, BUKU MASALAH/ KASUS)
|
|||||||||||||||
13.
KUNJUNGAN
RUMAH/ HOME VISIT (SURAT TUGAS DAN LAPORAN HOME VISIT)
|
|||||||||||||||
14.
ALIH
TANGAN KASUS/ REFERAL (SURAT RUJUKAN)
|
|||||||||||||||
15.
TAMPILAN
KEPUSTAKAAN (TAMPILAN PERPUSTAKAAN MINI/ INFO PERGURUAN TINGGI, DUNIA KERJA,
DLL)
|
|||||||||||||||
16.
MEDIA
BIMBINGAN (KOTAK MASALAH, SIM BK, SMS/ ICT KONSELING, PAPAN PENGUMUMAN,
LEFTLET)
|
|||||||||||||||
17.
ADMINISTRASI
BK
a.
STRUKTUR
ORGANIGRAM (struktur untuk mengetahui posisi dan kewenangan dalam
melaksanakan bimbingan dan konseling)
b.
KALENDER
PENDIDIKAN (rujukan untuk mengetahui hari efektif dalam kegiatan PBM untuk
pelaksanaan BK)
c.
AGENDA
KEGIATAN HARIAN
d.
KEGIATAN
MINGGUAN (AGENDA KEGIATAN MINGGUAN, LAPORAN KEGIATAN MINGGUAN)
e.
REKAP
LAPORAN KEGIATAN BULANAN
f.
KEHADIRAN
SISWA ( REKAP DAFTAR HADIR, DAFTAR
SISWA TERLAMBAT)
g.
DAFTAR/
BUKU KOMUNIKASI
h.
STUDI
LANJUT SISWA (PILIHAN SISWA , SISWA YANG DITERIMA DI PERGURUAN TINGGI)
i.
PANGGILAN
ORANG TUA
|
|||||||||||||||
3.
|
EVALUASI
1.
LAPORAN
BULANAN
2.
EVALUASI
PROGRAM
|
BAGIAN 3
Unsur 1 dan 2 dibuktikan
dengan laporan dan evaluasi yang di buat
|
|||||||||||||
4.
|
TINDAKLANJUT/ FOLLOW UP
|
BAGIAN 4
Unsur ini dibuktikan
dengan tindak lanjut yang di buat
|
|||||||||||||
Jumlah skor perolehan
|
|||||||||||||||
Jumlah skor seluruhnya
|
|||||||||||||||
Keterangan : Nilai Akhir :Skor perolehan x 100 %
Skor maksimal (100)
Ketercapaian : 86 % -
100 % = A (Amat Baik)
70
% - 85 % = B (Baik)
55
% - 69 % = C (Cukup)
Tindak Lanjut :
Bandarlampung,
………………………
Mengetahui, Petugas
Supervisi, Konselor,
Kepala Sekolah,
…………………… …………………… …………………………
untuk tampilan file secara sempurna dapat di unduh melalui link berikut UNDUH INSTRUMEN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentar diharapkan bersifat membangun dalam rangka pengembangan keilmuan Bimbingan dan Konseling. Kami sampaikan terima kasih