Selasa, 25 Juni 2019

MODEL LAYANAN BIMBINGAN TINGKAH LAKU BAGI SISWA AUTIS DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI, MOTORIK, SOSIAL DAN PERHATIAN



JUDUL 

MODEL LAYANAN BIMBINGAN TINGKAH LAKU BAGI SISWA AUTIS DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI, MOTORIK, SOSIAL DAN PERHATIAN

( Studi Eksperimen Layanan Bimbingan Tingkah Laku Bagi Siswa Autis di Sekolah Inklusi SD Perwira  Jawa Barat, dengan SD Negeri 12 Cipete  Jakarta Dan SDLB Negeri 2 Cibinong Bogor Jawa Barat, Dan SDLB Negeri 02 Jakarta)

oleh :
Dra. Titik Haryati, M.Pd
Program Studi : Bimbingan Dan Konseling
Seklah Pasca Sarjana
Universitas Pendidikan Indonesia


ABSTRAK

            Kemampuan komunikasi , motorik, sosial dan perhatian siswa autis di SD Inklusi dengan di SDLB melalui layanan bimbingan tingkah laku mengalami peningkatan dan sangat efektif. Melalui suatu pre test dan kemudian memebrikan treatmen selama empat kali kemampuan komunikasi, motorik, sosial dan perhatian menunjukkan suatu peningkatan yang sangat signifikan. Kelompok kontrol di SD Perwira dengan SDLB Lenteng Agung dan kelompok eksperimen di SD Cipete 12 dan SDLB Cibinong maka hasil uji t menunjukkan bahwa perbedaan kedua rata-rata pretes ini tidak signfikan pada a = 0,05, namn setelah perlakuan, kemampuan komunikasi kedua kelompok siswa meningkat. Siswa autis di SD inklusi, jika pada postes 1 hanya meningkat sebesar 5,40%, maka pada postes 2 sudah meningkat sebesar 12,63%, dan berturut-turut 16,84% dan 19,52% masing-masing pada postes 3 dan postes 4. Sedangkan pada siswa SDLB, pada postes 1 hanya meningkat sebesar 5,05%, maka pada postes 2 sudah meningkat sebesar 10,84%, dan berturut-turut 14,75% dan 17,36% masing-masing pada postes 3 dan postes 4. Hal ini berarti bahwa peningkatan kemampuan komunikasi siswa SD Inklusi lebih besar daripada peningkatan kemampuan komunikasi siswa autis pada SDLB.

Kata – kata kunci : siswa autis, layanan bimbingan tingkah laku, inklusi, SDLB, peningkatan, kemampuan, komunikasi, motorik, sosial dan perhatian.


Unduh File Full Klik tautan dibawah ini



Klik
Unduh File

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar diharapkan bersifat membangun dalam rangka pengembangan keilmuan Bimbingan dan Konseling. Kami sampaikan terima kasih