Selasa, 06 Juli 2021

Lomba Moderasi Beragama Untuk Tenaga Pendidik dan Kependidikan Total Hadiah 68,5 Juta rupiah

Kehidupan berbangsa dan bernegara yang penuh kedamaian sangat diperlukan untuk menjamin kelangsungan pembangunan bangsa menuju kemajuan Indonesia. Oleh karena itu penanaman nilai-nilai kedamaian harus dilakukan sedini mungkin, dengan menumbuhkan semangat saling menghormati keragaman. Dalam konteks ini, lembaga pendidikan memiliki peran strategis dalam menumbuhkembangkan nilai– nilai kedamaian ini pada peserta didik.

Tidak dapat dipungkiri bahwa peserta didik merupakan asset yang paling berharga bagi masa depan bangsa ini. Mereka merupakan calon – calon pemimpin bangsa dan akan membawa bangsa ini menjadi bangsa yang penuh kedamaian, cinta kasih dan menjunjung tinggi nilai – nilai kemanusiaan itu sendiri. Untuk itu, Guru sebagai Garda Terdepan dalam mempersiapkan peserta didik sebagai generasi emas bangsa ini perlu mendapatkan perhatian dari semua kalangan.




Salah satu upaya tersebut adalah dengan menggerakkan para guru untuk menjadi pelopor moderasi beragama di sekolah masing – masing. Hal ini perlu dilakukan, di samping karena pentingnya sikap moderasi dalam beragama untuk ditumbuh kembangkan pada setiap peserta didik sebagai bekal mereka untuk kehidupan di masa mendatang, juga sebagai upaya bersama untuk lebih menggelorakan masyarakat untuk bersikap moderat dalam beragama. Dengan begitu, kehidupan keberagamaan akan tumbuh dalam nuansa harmoni dalam bingkai NKRI.


lihat video untuk mengenal dasar-dasar moderasi beragama


Klik tautan berikut untuk mendaftarkan diri sebagai peserta DAFTAR LOMBA MODERASI 

Lomba Menjadi Guru Pelopor Moderasi Beragama merupakan lomba yang ditujukan untuk mengetahui keaktifan / kepeloporan Tenaga Pendidik dan Kependidikan pada tingkatan RA/TK, SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA/SMK/MAK dalam menumbuh kembangkan moderasi beragama di sekolah/madrasah yang diselenggarakan oleh BNPT. Lomba bersifat individual (perorangan)Form Biodata Peserta, Surat Pernyataan Keaslian Karya Lomba (Mengetahui Kepala Madarasah) dan Informasi terkait pelaksanaan lomba ini dapat dilihat pada form yang disediakan dalam Juknis lomba Sedangkan materi lomba berupa :

a.      Kegiatan/aktivitas     yang     menunjukkan     Kompetensi     atau Kemampuan atau Kapasitas guru, misalnya pencapaian prestasi  akademik, keikutsertaan dalam kegiatan seminar, pelatihan, dan kegiatan kegiatan lainnya baik di dalam maupun di luar sekolah.

Klik

b.      Kegiatan/aktivitas yang menunjukkan Kontribusi Guru dalam menumbuh kembangkan moderasi beragama baik di dalam maupun di luar sekolah, misalnya :

1)     Kontribusi di kalangan siswa

a)     Guru Membuat/Mempelopori/Membina Majalah Dinding

b)     Guru Membuat/Mempelopori/Membina Kanal/Rubrik Online Dialog Keagamaan dan Kebangsaan di kalangan siswa

c)      Guru Membuat/Mempelopori/Membina lomba penulisan artikel tentang Keagamaan dan Kebangsaan bagi siswa

d)     Guru Membuat/Mempelopori/Membina siswa untuk membuat video-video pendek

e)     Guru Membuat/Mempelopori/Membina kegiatan siswa terkait pesan-pesan damai baik dalam bentuk online maupun offline

f)       Guru Membuat/Mempelopori/Membina kegiatan–kegiatan pembinaan kesiswaan yang diarahkan untuk menumbuhkembangkan Moderasi Beragama

g)     Guru Membuat/Mempelopori/Membina kegiatan-kegiatan Pemberdayaan Potensi, Minat, dan Bakat Siswa

 h)     dll

Contoh salah satu karya video dari siswa yang bisa dikutkan dalam lomba



 




2)     Kontribusi di kalangan Tenaga Pendidik dan Kependidikan

a)     Guru Membuat/Mempelopori/Membina Diskusi Rutin untuk para Tenaga Pendidik dan Kependidikan baik dalam bentuk online maupun offline

b)     Guru Membuat/Mempelopori/Membina Diskusi/Kajian – Keagamaan untuk para Tenaga Pendidik dan Kependidikan baik dalam bentuk online maupun offline

c)      Guru Membuat/Mempelopori/Membina kegiatan-kegiatan Pemberdayaan Potensi, Minat, dan Bakat Tenaga Pendidik dan Kependidikan

d)     dll

contoh beberapa karya video yang dapat dikut sertakan dalam lomba moderasi beragama





3)     Kontribusi di kalangan masyarakat

a)     Guru Membuat/Mempelopori/Membina Diskusi/Kajian – Keagamaan untuk masyarakat secara umum baik dalam bentuk online maupun offline

b)     Guru menjadi narasumber, khatib, penceramah atau pengisi kegiatan-kegiatan keagamaan dan/atau kebangsaan untuk masyarakat secara umum baik dalam bentuk online maupun offline

c)      Guru Membuat/Mempelopori/Membina suatu Gerakan kemasyarakatan keagamaan dan/atau kebangsaan untuk masyarakat secara umum baik dalam bentuk online maupun offline

d)     Guru Membuat/Mempelopori/Membina kegiatan – kegiatan Pemberdayaan Potensi, Minat, dan Bakat Masyarakat

e)     Guru menjadi Pengisi Acara (baik rutin maupun tidak) baik pada kegiatan online maupun offline

f)       Guru menjadi Pengisi Rubrik/Artikel (baik rutin maupun tidak) baik pada kegiatan online maupun offline

g)     dll

      contoh beberapa karya video yang dapat diikut sertakan dalam lomba moderasi beragama



4)     Kontribusi untuk Pengembangan Pembelajaran dan Ilmu Pengetahuan

a)     Guru Membuat/Mempelopori/Membina kegiatan Pengembangan Desain, Pendekatan, Strategi dan Metode Pembelajaran baik secara online maupun offline

b)     Guru Membuat/Mempelopori/Membina kegiatan Pelatihan, Seminar, Lokakarya, Workshop atau kegiatan – kegiatan sejenisnya yang diarahkan untuk Pengembangan Pembelajaran dan Ilmu Pengetahuan

c)      Guru Membuat/Mempelopori/Membina Pengembangan terkait Materi Mata Pelajaran

d)     Guru Membuat/Mempelopori/Membina kegiatan penyusunan Buku Ajar,  Modul  atau  Bahan-bahan lainnya yang dapat digunakan siswa dan/atau orang lain untuk  Pengembangan Wawasan/Pemahaman/ilmu pengetahuan.

e)     dll

c.      Kegiatan/aktivitas yang menunjukkan Hasil Karya Guru dalam menumbuh kembangkan moderasi beragama baik di dalam maupun di luar sekolah, misalnya :

1)     Membuat / Menghasilkan media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran agama yang moderat

2)     Membuat / Menghasilkan modul atau buku Pendidikan Agama untuk tingkat tertentu

3)     Membuat / Menghasilkan video pembelajaran yang berkualitas dan dipublikasikan di lingkungan internal dan umum

4)     Membuat / Menghasilkan blog/web/ portal untuk umum tentang Pendidikan Agama

5)     Membuat / Menghasilkan artikel tentang Pendidikan Agama

6)     Membuat / Menghasilkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

7)     dll


contoh berapa video yang dapat dikut sertakan dalam lomba moderasi beragama



2.              Materi lomba yang dikirimkan

a.      Berbentuk video yang berisi kumpulan / cuplikan dari berbagai kegiatan sebagaimana disebutkan pada point 1 di atas dan diupload di Youtube. Link Video dikirimkan ke Panitia Lomba melalui kontak WA +62 812-8448-2287

b.      Berbentuk video yang terpisah antara kegiatan yang satu dengan yang lainnya dan diupload di Youtube. Kumpulan Link Video dikirimkan ke Panitia Lomba melalukontak WA +62 812-8448-2287

c.      Berbentuk Artikel yang telah diupload. Link Artikel dikirimkan ke Panitia Lomba melalui kontak WA +62 812-8448-2287

3.              Materi lomba yang dikirimkan dapat dilengkapi dengan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah tentang aktivitas guru sebagaimana pada point 1 di atas


informasi lebih lengkap dapat di unduh melalui Juknis berikut




Gabung dalam diskusi forum lomba moderasi beragama


Informasi pendaftaran dapat menghubungi Bapak Andi Subhan melalui kontak WA +62 812-8448-2287

Artikel Pendukung untuk mengenal moderasi beragama

3 komentar:

  1. Mantab lombanya, kriterianya banyak, semoga kwantitas dan kualitas karya peserta dapat menumbuh suburkan budaya moderasi beragama di Indonesia

    BalasHapus
  2. Kompetisi yang luar biasa,penuh dengan tantangan,semoga pesertanya mampu menghasilkan karya yang spektakuler dalam mewujudkan peradaban dunia khususnya budaya moderasi beragama di Indonesia

    BalasHapus

Komentar diharapkan bersifat membangun dalam rangka pengembangan keilmuan Bimbingan dan Konseling. Kami sampaikan terima kasih