Kehidupan berbangsa dan bernegara yang
penuh kedamaian sangat diperlukan untuk menjamin kelangsungan pembangunan
bangsa menuju kemajuan Indonesia. Oleh karena itu penanaman nilai-nilai
kedamaian harus dilakukan sedini mungkin, dengan menumbuhkan semangat saling
menghormati keragaman. Dalam konteks ini, lembaga pendidikan memiliki peran
strategis dalam menumbuhkembangkan nilai– nilai kedamaian ini pada peserta
didik.
Tidak dapat dipungkiri bahwa peserta
didik merupakan asset yang paling berharga bagi masa depan bangsa ini. Mereka
merupakan calon – calon pemimpin bangsa dan akan membawa bangsa ini menjadi
bangsa yang penuh kedamaian, cinta kasih dan menjunjung tinggi nilai – nilai
kemanusiaan itu sendiri. Untuk itu, Guru sebagai Garda Terdepan dalam
mempersiapkan peserta didik sebagai generasi emas bangsa ini perlu mendapatkan
perhatian dari semua kalangan.
Salah
satu upaya tersebut
adalah dengan menggerakkan para guru untuk
menjadi pelopor moderasi beragama di sekolah masing – masing. Hal ini perlu
dilakukan, di samping karena pentingnya sikap moderasi dalam beragama untuk
ditumbuh kembangkan pada setiap peserta didik sebagai bekal mereka untuk kehidupan di masa mendatang, juga sebagai upaya
bersama untuk lebih menggelorakan masyarakat untuk bersikap moderat dalam
beragama. Dengan begitu, kehidupan keberagamaan akan tumbuh dalam nuansa
harmoni dalam bingkai NKRI.
Klik tautan berikut untuk mendaftarkan diri sebagai peserta DAFTAR LOMBA MODERASI
Lomba Menjadi Guru Pelopor Moderasi Beragama merupakan lomba yang ditujukan untuk mengetahui keaktifan / kepeloporan Tenaga Pendidik dan Kependidikan pada tingkatan RA/TK, SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA/SMK/MAK dalam menumbuh kembangkan moderasi beragama di sekolah/madrasah yang diselenggarakan oleh BNPT. Lomba bersifat individual (perorangan). Form Biodata Peserta, Surat Pernyataan Keaslian Karya Lomba (Mengetahui Kepala Madarasah) dan Informasi terkait pelaksanaan lomba ini dapat dilihat pada form yang disediakan dalam Juknis lomba Sedangkan materi lomba berupa :
a. Kegiatan/aktivitas yang menunjukkan Kompetensi atau Kemampuan atau Kapasitas guru, misalnya pencapaian prestasi akademik, keikutsertaan dalam kegiatan seminar, pelatihan, dan kegiatan – kegiatan lainnya baik di dalam maupun di luar sekolah.
b.
Kegiatan/aktivitas yang menunjukkan
Kontribusi Guru dalam menumbuh kembangkan
moderasi beragama baik di dalam maupun di luar sekolah, misalnya :
1) Kontribusi di
kalangan siswa
a) Guru Membuat/Mempelopori/Membina Majalah Dinding
b) Guru Membuat/Mempelopori/Membina Kanal/Rubrik Online Dialog Keagamaan dan Kebangsaan di kalangan siswa
c) Guru Membuat/Mempelopori/Membina lomba penulisan artikel tentang Keagamaan dan Kebangsaan bagi siswa
d) Guru Membuat/Mempelopori/Membina siswa untuk membuat video-video pendek
e) Guru Membuat/Mempelopori/Membina kegiatan siswa terkait pesan-pesan damai baik dalam bentuk online maupun offline
f) Guru Membuat/Mempelopori/Membina kegiatan–kegiatan pembinaan kesiswaan yang diarahkan untuk menumbuhkembangkan Moderasi Beragama
g) Guru Membuat/Mempelopori/Membina kegiatan-kegiatan Pemberdayaan Potensi, Minat, dan Bakat Siswa
h) dll
Contoh salah satu karya video dari siswa yang bisa dikutkan dalam lomba
2) Kontribusi di
kalangan Tenaga Pendidik dan Kependidikan
a) Guru Membuat/Mempelopori/Membina Diskusi Rutin untuk para Tenaga Pendidik dan Kependidikan baik dalam bentuk online maupun offline
b)
Guru Membuat/Mempelopori/Membina
Diskusi/Kajian – Keagamaan untuk para Tenaga Pendidik dan Kependidikan baik
dalam bentuk online maupun offline
c) Guru Membuat/Mempelopori/Membina kegiatan-kegiatan Pemberdayaan Potensi, Minat, dan Bakat Tenaga Pendidik dan Kependidikan
d) dll
contoh beberapa karya video yang dapat dikut sertakan dalam lomba moderasi beragama
3) Kontribusi di
kalangan masyarakat
a)
Guru Membuat/Mempelopori/Membina
Diskusi/Kajian – Keagamaan untuk masyarakat secara umum baik dalam bentuk
online maupun offline
b)
Guru menjadi narasumber, khatib,
penceramah atau pengisi kegiatan-kegiatan keagamaan dan/atau kebangsaan untuk masyarakat
secara umum baik dalam bentuk online maupun
offline
c)
Guru Membuat/Mempelopori/Membina
suatu Gerakan kemasyarakatan keagamaan dan/atau kebangsaan untuk masyarakat
secara umum baik dalam bentuk online maupun
offline
d) Guru
Membuat/Mempelopori/Membina kegiatan – kegiatan Pemberdayaan Potensi, Minat,
dan Bakat Masyarakat
e) Guru menjadi
Pengisi Acara (baik rutin maupun
tidak) baik pada kegiatan
online maupun offline
f) Guru
menjadi Pengisi Rubrik/Artikel (baik rutin maupun tidak) baik pada kegiatan online
maupun offline
g) dll
contoh beberapa karya video yang dapat diikut sertakan dalam lomba moderasi beragama
4)
Kontribusi untuk Pengembangan
Pembelajaran dan Ilmu Pengetahuan
a) Guru
Membuat/Mempelopori/Membina kegiatan Pengembangan Desain, Pendekatan, Strategi
dan Metode Pembelajaran baik
secara online maupun offline
b) Guru
Membuat/Mempelopori/Membina kegiatan Pelatihan, Seminar, Lokakarya, Workshop
atau kegiatan – kegiatan sejenisnya yang diarahkan untuk
Pengembangan Pembelajaran dan Ilmu Pengetahuan
c)
Guru Membuat/Mempelopori/Membina
Pengembangan terkait Materi Mata Pelajaran
d) Guru Membuat/Mempelopori/Membina kegiatan penyusunan Buku Ajar, Modul atau Bahan-bahan lainnya yang dapat digunakan siswa dan/atau orang lain untuk Pengembangan Wawasan/Pemahaman/ilmu pengetahuan.
e) dll
c.
Kegiatan/aktivitas yang menunjukkan
Hasil Karya Guru dalam menumbuh kembangkan
moderasi beragama baik di dalam maupun di luar sekolah, misalnya :
1)
Membuat / Menghasilkan media
pembelajaran yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran agama yang moderat
2)
Membuat / Menghasilkan modul atau buku Pendidikan Agama untuk tingkat tertentu
3) Membuat / Menghasilkan video pembelajaran yang berkualitas dan dipublikasikan di lingkungan internal dan umum
4)
Membuat / Menghasilkan blog/web/
portal untuk umum tentang Pendidikan Agama
5) Membuat / Menghasilkan
artikel tentang Pendidikan Agama
6) Membuat /
Menghasilkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
7) dll
contoh berapa video yang dapat dikut sertakan dalam lomba moderasi beragama
2.
Materi lomba yang
dikirimkan
a. Berbentuk video yang berisi kumpulan / cuplikan dari berbagai kegiatan sebagaimana disebutkan pada point 1 di atas dan diupload di Youtube. Link Video dikirimkan ke Panitia Lomba melalui kontak WA +62 812-8448-2287
b. Berbentuk video yang terpisah antara kegiatan yang satu dengan yang lainnya dan diupload di Youtube. Kumpulan Link Video dikirimkan ke Panitia Lomba melalui kontak WA +62 812-8448-2287
c. Berbentuk Artikel yang telah diupload. Link Artikel dikirimkan ke Panitia Lomba melalui kontak WA +62 812-8448-2287
3.
Materi lomba yang dikirimkan dapat
dilengkapi dengan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah tentang aktivitas guru
sebagaimana pada point 1 di atas
Mantab lombanya, kriterianya banyak, semoga kwantitas dan kualitas karya peserta dapat menumbuh suburkan budaya moderasi beragama di Indonesia
BalasHapusAamiin
HapusKompetisi yang luar biasa,penuh dengan tantangan,semoga pesertanya mampu menghasilkan karya yang spektakuler dalam mewujudkan peradaban dunia khususnya budaya moderasi beragama di Indonesia
BalasHapus